RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTs : SMP LAB UM
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : VII / 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
Indikator : 1.1.1 Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
1.1.2 Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
1.1.3 Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
1.1.4 Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)


Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
2. Peserta didik dapat menunjukan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
Materi Pembelajaran:
Hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
1.Pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
“Al” Syamsiyah adalah “Al” atau alif lam yang dirangkai dengan kata benda (isim) yang diawali dengan salah satu dari huruf-huruf syamsiyah. Jumlah huruf syamsiyah ada 14 huruf, yaitu huruf-huruf hijaiyah selain huruf-huruf qamariyah (seperti di bawah), yakni ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل. Cara membaca “Al” Syamsiyah adalah dengan memasukkan (mengidghamkan) “Al” (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiyah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya. Karena membacanya dengan diidghamkan, maka hukum bacaan “Al” Syamsiyah sering juga disebut dengan Idgham Syamsiyah ( إِدْغَامْ شَمْسِيَّةْ ) .








Image and video hosting by TinyPic

Related : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1 Komentar untuk "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)"

makasinya atas artikelnya

keritik dan saran kami butuhkan....